Cadillac One, Kecanggihan Mobil Presiden Amerika Serikat

Posted in By Eriko Synyster Munthe 4 komentar

Share |
Menjadi orang nomor satu di negara se-adi daya Amerika Serikat bukanlah hal yang gampang dan 'aman'. Hampir dipastikan apabila tidak dibekali dengan penjagaan yang ketat orang nomor satu ini akan menjadi 'sasaran nomor satu' berbagai pihak yang menjadi 'lawan' Amerika. Mobilitas yang padat menyebabkan penggunaan sarana transportasi sangat menjadi kebutuhan vital bagi presiden yang sempat mengenyam SD di Indonesia ini. Salah satunya adalah sarana transportasi darat atau mobil. Mobil adalah salah satu sarana yang paling sering dipakai oleh seorang presiden begitu pula dengan Barrack Obama.
Mobil kepresidenan Barack Obama yang selama ini menjadi penantian pemerhati otomotif dunia, akhirnya tampil perdana pada hari inagurasi Selasa 20 Januari 2009 tahun lalu. Adalah Cadillac One, produk keluaran General Motors (GM) Cadillac yang didesain khusus melindungi orang nomor satu AS tersebut dalam kegiatan dinasnya sehari-hari.

Limousine yang biasa disebut The Beast ini memiliki spesifikasi khusus layaknya tank perang guna melindungi nyawa Obama. Meski Secret Service AS pada awalnya tidak melansir detail Cadillac One kepada publik dengan alasan keamanan, namun akhirnya terkuak juga ke masyarakat.

Berikut adalah spesifikasi Cadillac One :

Chassis
Dipersenjatai dengan rangka truk berukuran medium serta diperkuat dengan kevlar dan logam setebal 5 inch di bawah mobil yang tahan bom dan granat.

Bodi
Perpaduan eksterior Cadillac STS and DTS. Dibuat dari baja hardened, titanium, aluminium dan dilapis keramik untuk menahan serangan peluru penembus metal.

Pintu
Berlapis baja tahan peluru setebal 8 inch dan memiliki berat sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Pintu pengemudi tahan peluru penembus metal (armor-piercing bullets) dan hanya bisa dibuka maksimum selebar 3 inch demi alasan keamanan, dan memudahkan sopir untuk membayar karcis tol atau berbicara dengan pengawal kepresidenan di sebelahnya.

Driver/Supir

Ditraining khusus oleh CIA dalam... menghadapi situasi keamanan segenting apapun.

Ruang Pengemudi

Standar, tapi dashboard dilengkapi pelacak GPS dan pusat komunikasi.

Ruang Belakang Berkapasitas 4 orang dengan partisi kaca tahan peluru. Hanya Obama yang punya switch pembukanya. Ukuran jendela lebih luas dari mobil kepresidenan sebelumnya. Punya "Panic Button" seandainya ada masalah keamanan.

Teknologi Informasi
Dilengkapi komputer dengan akses Wi-Fi, telepon satelit yang punya koneksi sambungan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon.

Tangki Bahan Bakar
Dilengkapi dengan lapisan penahan benturan dan busa spesial yang dapat mencegah meledaknya tangki, meskipun mendapat benturan dan tembakan langsung.

Roda
Diperkuat dengan kevlar, tahan sobek dan pecah, dengan penguat baja. Apabila lapisan luar ban sobek, maka akan ada lapisan baru yang menggantikannya secara otomatis. Hal ini memungkinkan mobil berlari dalam kecepatan penuh, dalam kondisi ban apapun.

Bagasi

Bagasi dilengkapi tabung oksigen dan pemadam kebakaran.

Peralatan Pertahanan

Dilengkapi dengan shotgun, night-vision, dan kanon gas air mata. Ada satu tabung berisi darah Presiden, seandainya membutuhkan transfusi darah darurat.

Bendera
Bendera AS dan Kepresidenan terdapat pada fender depan dengan fitur LED guna menyoroti bendera di malam hari.

Mesin & Konsumsi Bahan Bakar
Mesin 6500cc diesel. Kecepatan maksimum 60 mil/jam (96 km/jam). Konsumsi bahan bakar sekitar 8 mil per galon. Cukup boros memang :).



Diambil dari berbagai sumber dengan perubahan seperlunya ~ Sunrise Pagi Hari