1 Diantara 7 Milyar Penduduk Bumi

Posted in By Eriko Synyster Munthe 3 komentar

Share |
Sunrise Pagi hari ~ Pernah menghitung ada berapa jumlah manusia di bumi?? Ya, kita sama, belum pernah!! Bagaimana mungkin?? Kurang kerjaan!!
Jumlah penduduk bumi seperti yang heboh beberapa waktu yang lalu adalah 7 milyar. Beberapa negara sempat berebut klaim siapa yang memiliki hak atas warga negaranya yang ‘beruntung’ meraih urutan ke-7 milyar.

Sekarang, pertanyaan terbesar bukan lagi ‘berapa’ jumlahnya, tetapi yang lebih harus dipertanyakan adalah, ‘bagaimana’ mereka menghitung jumlah pasti manusia yang tersebar diseluruh dunia ini?
Apakah mereka juga menghitung tetangga sebelah rumahku yang kemarin baru lahir, atau apakah mereka juga menghitung secara pasti jumlah suku-suku terasing di pedalaman hutan Kalimantan? Penasaran? Sama…aku juga..hahaha…

Gak usah terlalu bingung, kita hidup di zaman sains, dimana semuanya di-mungkin-kan. Metode canggih yang dikemas dalam tampilan web menarik dan simple telah dikembangkan BBC. Dalam salah satu bagian situsnya, BBC memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengetahui secara akurat manusia urutan keberapakah dirinya saat dilahirkan dulu, bahkan secara luar biasa dapat memprediksi urutan keberapa kita dari seluruh manusia yang tercatat dalam sejarah. Hebat bukan??

Beberapa hal yang bisa kita akses dari situs ini antara lain: Urutan penduduk dunia keberapa kita saat lahir, Urutan manusia keberapa kita sepanjang sejarah manusia, berapa populasi manusia di negara kita, hingga berapa lama rata-rata harapan hidup kita berdasarkan gender dan negara.



Khusus untuk kasus saya, berikut hasil yang sempat saya catat.
Saya lahir tanggal 1 Pebruari 1989, maka:
1. Saat dilahirkan saya adalah penduduk ke- 5.177.401.535
2. Saya adalah penduduk/manusia ke- 80.177.030.361 sejak sejarah manusia dimulai.
3. Jumlah Penduduk Indonesia saat saya mengakses situs (19/01/2012) adalah 239.870.937 jiwa.
4. Jumlah pertumbuhan populasi Indonesia adalah 510 kelahiran per jam, sedangkan jumlah kematian adalah 193 kematian per jam.
5. Harapan hidup penduduk Indonesia adalah: Pria = 66,3 tahun, Wanita = 69,4 tahun.

Masih ada banyak hal yang dapat di kalkulasikan oleh software BBC ini, bahkan mereka juga memberikan bocoran bagaimana mereka dapat menghitung semuanya dengan hasil yang ‘terlihat’ akurat dengan sebuah link yang bertulis: “How did we calculate that?”
Penasaran?? Silahkan kunjungi situs resmi BBC atau cukup klik link berikut ini
BBC How To Know!!. Cukup ikuti langkah-langkahnya dan temukan jawabannya!!
Semoga Bermanfaat. @erikonisme