Protes Elegan ala Ryan Tellez

Posted in By Eriko Synyster Munthe 2 komentar

Share |
Sunrise Pagi Hari ~ Protes –khususnya di Indonesia– baik itu terhadap seseorang, sekelompok orang, instansi, perusahaan atau bahkan pemerintah, sering kali dilakukan dengan cara-cara yang kasar, brutal bahkan cenderung anarkis yang akhirnya akan berujung pada timbulnya korban baik materil maupun non-materil. Semua ini –setidaknya menurut saya– sama sekali ‘tidak elegan’,,, ya, TIDAK ELEGAN , kawan!!!
Kita bukan bangsa yang kasar, kita tetap harus menghormati, menghargai, atau bahkan ‘mengasiani’ orang atau pihak lain yang tidak sepaham dengan kita.
Beberapa hari yang lalu ketika browsing berita terbaru di... detik.com saya sedikit terkejut dengan berita bahwa Activision Blizzard Inc. (perusahaan pengembang game Guitar Hero) akan menghentikan produksi dan pengembangan Game Guitar Hero, padahal game berbasis music ini cukup popular bahkan adik saya sendiri sering memainkan game ini di rental PS dekat rumah.
Tidak hanya adik saya, ternyata Ryan Tellez seorang mahasiswa di Amerika sana juga merasa keberatan dengan keputusan Activision untuk me-matisuri-kan game gitar ini. *nahh.. disinilah letak inti postingan ini kawan!!!
Merasa keberatan dengan keputusan sepihak Activision ini, Ryan Tellez
melakukan protes dengan membuat sebuah video sindiran dan mengunggahnya ke situs youtube.com
Video HD yang berdurasi 4 menit ini dibuat dengan ‘lucu’ dan cukup kreatif dengan konsep latar game Guitar Hero sendiri dan dengan lirik lagu yang menyindir secara cerdas (*saya sendiri suka lirik bagian “Your Guns replaced guitars, and you tomahawked our heart”)
Dalam video yang dilengkapi dengan teks lirik lagu ini anda tidak akan menemukan kata-kata kotor, caci maki atau gambar-gambar yang menyudutkan orang lain. Video ini murni adalah bentuk protes yang dibungkus secara kreatif dan elegan dalam sebuah video parodi kreatif ala mahasiswa cerdas.
Ketika saya memposting artikel ini, jumlah orang yang menonton video ini di youtube.com sudah mencapai angka 146.757 dan terus bertambah!!!
Saya sangat merekomendasikan anda untuk menonton video berikut ini!!!
berikut adalah 'screenshot' atau potongan gambar videonya :









Video ini sedikit banyak dapat memberikan pencerahan kepada kita bahwa protes maupun rasa keberatan atas sebuah sikap dapat disampaikan dengan banyak cara yang jauh lebih baik dari demonstrasi dan anarkisme.
Semoga bermanfaat.
~E.M~