Rabu, 28 April 2010

John Frusciante Gitaris Terbaik Versi BBC Radio

Sunrise Pagi Hari - Mantan gitaris band Red Hot Chili Peppers John Frusciante terpilih sebagai gitaris terbaik dalam waktu 30 tahun terakhir menurut versi Radio BBC.

Frusciante, yang keluar dari band itu tahun 2008, mengalahkan gitaris Guns n’ Roses Slash, Matt Bellamy dari Muse dan gitaris The Smiths Johnny Marr untuk mendapatkan posisi itu.

Prince, Jack White, Jonny Greenwood dari Radiohead dan gitaris REM Peter Buck juga masuk dalam 10 besar. Namun Noel Gallagher dari Oasis, the Edge dari U2 dan Kurt Cobain tidak ada dalam daftar itu.

Sekitar 30 ribu orang mengikuti jajak pendapat Axe Factor yang diadakan oleh radio BBC 6 ini.

Penyiar Radio BBC 6 Shaun Keaveny mengeluarkan pendapat atas Frusciante: “Range dentingan snarnya, dari melodi minimalis, lewat chord gaya Jimmy Hendrix terus naik ke fret 11 dengan sentuhan blues melengking, membuatnya lebih menonjol dibanding gitaris lain dalam daftar itu. Karena kemampuan ini saya menghormatinya.”

Penyiar lain Steve Lamacq mengatakan daftar yang tersusun itu membuktikan bahwa “anda harus sedikit tidak terikat untuk menjadi gitaris terhandal”.

Tahun lalu Frusciante merilis album solo ke-10nya dan kini juga anggota band Swahili Blonde bersama dengan pemain bas Duran Duran John Taylor dan penyanyi Nicole Turley.

Slash, yang menduduki posisi kedua, juga merilis album solo pertama yang juga menampilkan Ozzy Osbourne, Iggy Pop, Dave Grohl, Kid Rock dan Fergie dari Black Eyed Peas.

“Semua gitaris yang saya anggap sebagai legenda adalah mereka yang menjadi pionir gitar listrik, rock ‘n’ roll dan blues,” ujarnya baru-baru. “Jadi saya masih berjuang untuk bisa menandingi mereka. Saya pastinya tidak akan menempatkan diri dalam kategori legenda.”

Gitaris Suede Bernard Butler, yang juga masuk dalam daftar 40 gitaris legendaris ini, mengatakan dia memilih Johnny Marr.

“Saya dulu sering menonton TV dan video -setiap kali dia muncul dalam acara musik,” ujarnya kepada radio BBC 6.

“Apapun yang dia mainkan, saya menghentikan video dan memperbesar gambarnya sambil memperhatikan posisi tangannya. Dia mempergunakan jutaan trik -itu adalah proses pendidikan yang sangat berguna bagi saya.”

Marr berada di urutan keempat dan mengatakan “luar biasa” dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

“Penghargaan tertinggi adalah untuk orang yang kita hormati ternyata menghormati kita dan mempengaruhi kita,” ujarnya.

“Tetapi saya tidak berniat memikirkan itu berlama-lama karena diperlukan ego yang besar luar biasa untuk menganalisanya. Saya bersyukur dan akan berusaha untuk tidak merusaknya.”(http://www.zonamusisi.com/)

1 komentar:

Admin of this Blog

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Pengikut

Total Pengunjung (blogger.com)

Visitor (flagcounter.com)

free counters